Thursday, April 08, 2004

Trip Sangiang 20-21 Maret 2004

AnakLaut,
Akhirnya ... setelah sempet tertunda, trip kali ini kita jalanin juga. Sayangnya gak bisa fullteam. Eko gak bisa ikut, karena ke luar kota. Di detik2 terakhir, Asep juga gak bisa, karna tiba2 dapet panggilan dari kantornya. Akhirnya yang berangkat, dari AnakLaut ada gue, tin2, dwi, adi, ahlan, aidil dan marco plus instruktur (yang udah bela2in ngedarat). Ditambah temen2nya anaklaut ada sekitar 11 orang, Leon, Kiki n the geng dan geng "mancing" Aidil prends. Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, trip ini agak khusus karena selain fun diving, trip ini juga untuk mengambil sertifikat selam kita. Karena kali ini kita membawa orang agak banyak, gak heran logistik yang dibawa juga banyak. Berbekal 40 tanki, 7 galon aqua, 5 buah tenda, 2 cool box (1 milik peserta), lauk siap saji (masak dulu di rumah ada rendang, teri balado, sambel ati dan telor balado), beras, bahan makanan dan bumbu, alat makan, alat masak (sebagian, karna sebagian lagi sudah ada di kapal), minuman dan makanan ringan serta perlengkapan scuba diving pribadi. Kali ini kita gak pake kapalnya P'Syarif, karna dah keduluan orang laen :-(. Daann .. terpaksa biaya kapal membengkak karna kapal yang kita sewa kali ini harganya lebih mahal dibanding kapal P'Syarif. But ... the show must go on. Akhirnya kita sewa 2 buah kapal milik P'Dedy, Putra Barokah 9 dan 10. Tapi P'Syarif tetap ikut sama kita. Daaann .. lagi-lagi yang tidak kita perkirakan seblomnya, tiap kapal punya abk + nakhoda 4 orang bo!!! Jadi 2 kapal ada 8 abk + nakhoda!!!Padahal biasanya cuma ama kosim + asistennya doang + p'syarif (kadang2).

.20 Maret 2004.
Seperti biasa meeting point di Rumahnya Tintin, Tj. Duren. Rencananya ngumpul jam 1/2 6 pagi, kemudian packing dan sarapan dan jam 1/2 7 udah cabut ke Anyer. Jam 1/2 6 gue udah sampe Tj. Duren. Disana udah ada Aidil n prends (geng mancing) dan Dwi. Langsung beres2 barang, bagi2 beban logistik (tanki, aqua, coolbox dll) disambi sarapan. Nelpon om Adi ..eeehhhh doi masih tidur (huuu..). Nelpon Ahlan doi masih di jalan. Sampe jam 1/2 7 belom pada ngumpul juga, akhirnya gue berangkat duluan pake landy koneng. Tau dong si landy kan jalannya kagak pake turbo, so mending gue jalan duluan. Toh palingan nyampe anyernya ntar beda-beda tipis. Kurang lebih 2 jam kemudian gue dah nyampe rumahnya Kosim, anaknya P'Syarif. Pak Syarif udah nunggu disana rupanya. Abis beli batere senter, langsung menuju dermaga Paku. Gue telpon Marko, bilangin klo gue dah sampe anyer. Gak lama Marko nyampe juga di Paku (doi lagi nginep di Marbella). Kapal masih diberesin. Ngeluarin barang dari mobil, trus parkir di rumah Kosim, 1/2 jam kemudian temen2 yang lain dateng. Ngurus administrasi, angkut barang ke kapal, berdoa, sekitar jam 1/2 10 kita meninggalkan Dermaga Paku menuju P. Sangiang. Here we come, Sangiang!! Again!!



Rencana kali ini sedikit berubah. Tadinya kita mo dive I dulu baru ke Dermaga, tapi karena berangkat udah agak siang akhirnya diputuskan kita langsung menuju Dermaga P.Sangiang, makan siang dilanjutkan dengan dive I dan II. Jam 1/2 11-an kita dah sampe Dermaga P.Sangiang. Keluarin barang2 dari kapal, ndiriin tenda, siapin makan siang, set alat diving baru makan siang. Menuju dive spot I, kita hanya menggunakan 1 buah kapal. Kapal satunya tetep merapat di dermaga. Dive I di Pel. Centigian dengan leader Aidil dan sweeper Adi, visibility not good, butek, ombak gede, arus lumayan kenceng. Buddy gue Dwi dan Tintin, Marco dengan Ahlan. Gue sempat gak bisa turun, akhirnya tambah 1 weight lagi baru deh turun (thx ya Di, dah ngambilin weight .. ). Rata-rata kedalaman kita nyelam 15 meter dan selesai setalah sekitar 40 menit di bawah air. Menuju dive II sekalian surface interval, ombak yang lumayan gede bikin temen2 diobok-obok, jadi pada mabok. Alhamdulillah .. kali ini gue gak ikutan mabok, padahal sempet jiper juga klo peristiwa 'jackpot' di Lombok keulang di sangiang. :-)

Dive II, di Legon Waru, visibility masih sama, ombak masih besar. Kali ini Marco dan Tintin gak ikut turun. Marco ada problem dengan equalisasi, sedangkan Tintin ... hehehehe .... mabok lagiii .. ah .. ah .. mabok lagiii. Leadernya kali ini Adi dan sweeper Ahlan. Rata-rata kedalaman 13 meter dengan waktu penyelaman 40 menit. Jam 16.10 wib kita selesai penyelaman ke-2. Sampe di kapal, laaahh .. Tintin ama Marco kemana? Rupanya Tintin balik ke dermaga dianter nelayan yg kebetulan lewat dan kenal ama P'Sarif. Marco katanya lagi ke darat, daripada di kapal, mabok! Tapi emang sih .. klo kita mabok laut, daripada digoyang-goyang terus di kapal mending nyempulung sekalian atau balik ke darat. Selesailah penyelaman untuk hari ini. Hasilnya ini nih .. rada butek emang, tapi tetep ok kok. :-)



Cerita berikutnya ... bersambung ya...

No comments: