Monday, May 02, 2005

Pulau Peucang, Pulau Impian

Impian gue dan Tintin, pada 22 April 2005 tercapai sudah. Jadi ceritanya dulu gue ama Tintin suka ngomong gini "Peucang yukk .. kita ke Peucang, katanya bagus. Nyelem di sana yuk". Trus bulan Juni tahun lalu, Asep dan SEM sempet menyelam di Peucang, ikutan trip group lain. Dan akhirnya tahun ini kita bikin trip sendiri. Awalnya kita hanya akan bikin trip diving, tetapi rupanya ada beberapa teman yang berminat ikutan. Jadilah akhirnya kita bikin 2 jenis trip, diving dan trekking. Tetapi ujung2nya mereka yang tadinya berminat ikutan malah pada gak jadi semua. Mungkin paranoid? atau lebih tertarik menghabiskan uangnya untuk shopping? whateverlah ...

Rencana pun berubah, yang tadinya akan menyewa 2 buah kapal jadinya cukup satu kapal saja. Susunan acara juga berubah, diving di selingi dengan trekking. Tapi .. ternyata di hari-hari terakhir, gue terima telpon dari beberapa orang agar mereka di bolehin ikut trip kita. Weleeehh ... pikir2 dikit, akhirnya kita putusin hanya terima satu orang lagi untuk diving, dan 2 ato 3 orang lagi bila tidak diving. Akhirnya jadilah 31 orang yang berangkat ke Peucang. Peserta trip kali ini, kalo kata Andreas (salah satu peserta), bisa dibilang sedikit berbau "multinasional", karena di trip ini ikut 2 penyelam Taiwan dan 1 penyelam Perancis yang membawa serta istrinya. Si Taiwan kita panggil Leo dan Hammer, sedangkan si Perancis kita panggil JB (JeBi)dan madame JB, singkatan dari namanya Jean Baptiste. Selain itu ada Andreas, Ica - wartawati Media Indonesia -, Wandan, Teh Rina beserta suami dan anak2nya dan tentu saja Baracuda dan Molamola.

Jam 1 dini hari kami cabut dari Tanjung Duren. Perjalanan menuju Sumur yang diperkirakan memakan waktu 5 jam, eehh molor hingga 7 jam!!!. Ternyata masalahnya di bus yang kita sewa. Bus itu ternyata bus baru .. new .. fresh dan masih in reyen. Kagak bisa digeber, maximal cuma 80 km/jam doang, ealaahh. Mana tu AC dingin banget, kalah deh puncak gunung. Jam 8-an baru nyampe di Sumur, langsung sarapan dan loading barang ke kapal.

Selesai berdoa, sekitar jam 9 kami semua naik ke kapal. Karna kapal gak bisa merapat, maka kami diantar oleh kapal kecil untuk naik ke kapal yang besar. Perjalanan menuju Peucang lancar dan ditempuh sesuai dengan perkiraan kami, 3 jam.

Peserta trippeserta trippelabuhan di sumur
Image hosted by Photobucket.comon the boaton the boat

Merapat di dermaga Pulau Peucang, kami disambut oleh kawanan rusa (Cervus Timorensis), sekumpulan monyet dan seekor biawak. Aaahh ... akhirnya gue sampe juga ke Peucang. Rusa di sana sangat jinak, cenderung manja malah. Kebalikannya dengan si monyet2 berekor panjang. Hati2 dengan tu monyet, rese banget, suka nyolong makanan. Jangan coba2 deh jalan sambil bawa makanan, ato nenteng2 plastik kresek (dikira isi makanan), pasti bakalan di tomprok ama tu monyet. Sebungkus silver queen dan seplastik uli abis diembat tu monyet. Beberapa bungkus coklat cha-cha dan seplastik gula abis diacak2 mereka. Padahal waktu itu pintu udah di kunci, eehh .. rupanya grendel yg atas belom dislot, jadilah akhirnya tu monyet bisa ngebuka pintu. Asli .. persis seperti pencoleng manusia, ehh .. manusia pencoleng *lah pan satu turunan yak .. hihihihihi*. Dasar monyeeetttt! :-D. Tapi tu monyet emang cuma ngincer makanan doang kok, lainnya enggak. Jadi asal kita menyimpan makanan kita dengan rapih dan gak lupa ngunci pintu dan jendela klo mo ninggalin kamar, kita aman dari gangguan tu monyet. Sebenernya sih cuma adu gertak aja, klo dia ngegertak trus kitanya takut dia bakalan ngelunjak. Tapi klo kita balik gertak ternyata doi takut juga. Terbukti ada salah satu peserta yg balik gertak tu monyet. Asli ngibrit tu monyet, dikejar eh makin ngibrit, jadilah akhirnya uber2an ama monyet. hahahahhaha .. siapakah dia??

Gapura Pulau Peucangmonyet resebiawak

Oya di Pulau ini juga, dulu, waktu masih berjaya, RI 1 yang kedua (tau kan maxut gue), akan berleyeh-leyeh setelah selesai memancing, salah satu kegemaran doi. Dulu, kalau doi datang penjagaannya ketat, ada tentara dari AL dan AD. Kala itu juga, untuk sampai ke Pulau Peucang, kita kudu ngerogoh kocek cukup dalam, karna harga2 dipatok dengan dollar. Klo sekarang mah orang udah bebas ke Pulau Peucang. Tinggal arrange trip lalu koordinasi sama petugas TNUK. Harga kamar bervariasi mulai dari 150 ribu per malam berupa barak yang muat nampung 7 orang, hingga kamar ber AC dengan harga 580 ribu permalam. Mungkin barak2 itu dulunya buat tidur pengawal2nya si RI 1 kedua.

Rusa di pantaiEko dan RusaDi depan penginapan

Julukan Golden Beach untuk pantai Pulau Peucang ternyata tidak salah. Pasirnya yang lembut akan meninggalkan jejak yang cukup dalam bila kita menginjaknya. Lautnya yang biru tenang dan jernih bener2 mengundang. Dan makan malam ataupun hanya duduk ngobrol di teras penginapan, ditemani rusa-rusa jinak itu merupakan pengalaman yang sangat mengesankan dan tentu saja gak bakalan di temui di Jakarta.

Sun dulu dong yang...Suapin dong sayy ..Abet lagi curhat ama rusa

Setelah beres2 barang, tanpa menunggu makan siang yang sedang di masak sang juru masak, kami pun siap2 untuk diving. Alat scuba sengaja gak kami bawa ke penginapan, jadi kami tinggalkan di kapal. Oya ... di trip ini kami ngangkut 30 tanki plus 1 kompresor untuk air refill. Ditambah masing2 diver bawa satu gearbag berisi perlengkapan diving dan satu buah tas lagi berisi pakaian ganti, serta beberapa kardus softdrink dan air mineral, 5 galon aqua dan beberapa kardus makanan kecil dan buah2an, beban yang harus diangkut kapal cukup lumayan juga. Maka dari itu kapal yang seharusnya bisa diisi hingga 40-50 orang, terpaksa kami batasi. Mohon maaf buat teman2 yang terpaksa kami tolak untuk ikut trip kali ini. Lagian sih .. in the last minute baru mo ikutan. Mohon maaf ya ... mudah2an lain kali kita bisa trip bareng.

Okayyy ... gue stop dulu yak .. siap2 mo diving nih. dadaaaahhh ....

note. Klik gambar untuk liat gambar yang besar.

1 comment:

Tips Mencegah Kloset Mampet said...

bagus sekali info yang di sajikan
terimakasih gan
terus updateinfo info nya