Thursday, January 15, 2004

Dive hari ke-dua, P.Bidara dan P.Kondo, Lombok Timur

AnakLaut, .. lanjutin ceritanya ya ...

1 Januari 2004, hari ini kami dive di sekitar P.Bidara dan P.Kondo. Kalo di peta P.Lombok, kedua pulau itu ada di sekitar P. Petagan. Dengan naik perahunya pak Soleh, kami menuju spot dive 1 hari itu, di sekitar P.Bidara. Kali ini entry dilakukan dari kapal dengan back roll. Sayang, visibility kurang bagus. Arusnya sih lumayan. Selesai dive I, kami makan siang di P.Kondo. Menunya utamanya cumi goreng dan tentunya plus sambal. Cukup lama kami istirahat di pulau itu, malah ada yang sampai tertidur sambil menghabiskan sisa udara (maxutnya sambil tidur ngeluarin suara grok .. grok .. grok .. hahahaha.).

Pulau ini tidak berpenghuni, tapi terdapat bbrp pondokan yang bisa digunakan buat rebahan sambil mendengar deru ombak dan merasakan semilir angin. Klo udah begini dalam keadaan perut kenyang, apalagi yg paling nikmat klo bukan tidurrrr.

Tiba2 pak Soleh berkata "Wah .. itu ada nelayan yg lagi mancing. Minta ikan ahh ..". Dengan perahunya, nyusul deh Pak Soleh ke tempat nelayan mancing. Cukup lama kami menunggu, akhirnya pak Soleh datang dengan membawa hasil "malak" nelayan. Sesama nelayan dilarang saling Pak ! hehehehhe. Jadilah akhirnya hasil palakan pak Soleh kita bakar. hhhmmm.

Gak lama dateng kapal yang membawa tabung udara buat dive ke 2. Yap .. siap2 prend, nyilem lageee. Kami set alat di pinggir pantai, dan entry dilakukan dari pantai P.Kondo. Sore hari waktu wita sekitar jam 4, kami sudah mendarat lagi di rumah Pak Soleh. Eh .. Aidil udah nyampe. Doi lagi ngobrol ama mas Boen. Met dateng di Lombok Dil! Setelah bersih2 alat, kami kembali ke penginapan buat mandi.

Malemnya kami makan di rumah Pak Soleh dan menunya .. cumi, ikan asem manis, ikan goreng, tumis kacang panjang dan tentu saja sambal. Abis makan kami briefing buat rencana besok. Rencananya besok, 2 Januari 2004 kami akan nyelem di P. Sulat dan P. Lawang, sering disebut juga dengan Gili Sulat dan Gili Lawang, masih di Lombok Timur. Untuk diving besok, gue dan tin2 gak bisa ikut. Karena rencananya kami akan balik ke Jkt tgl 3 Jan dengan pesawat. Tiket sedang diusahakan oleh letnan Lulu. Walaupun belom pasti dapet tiket, gue dan tin2 dengan "legowo" tidak ikut diving besok utk antisipasi seandainya dapet tiket dan berarti kami jadi pulang.